logo

Jenis film yang harus kamu ketahui

Mendadak demam ingin membuat film? Jika kamu ingin dapat segera menenteng kamera dan membuat film, kamu butuh cerita untuk dituturkan. Belajar menyulut pikiran kreatif dan mulai menulis sesungguhnya tidak harus sulit. Kamu harus belajar menemukan cerita yang bagus dan mengembangkannya menjadi naskah film yang menarik dan layak digarap menjadi film pendek yang hebat. Eits, tapi tunggu dulu ? Sudah tahukah kamu jenis film yang harus kamu ketahui ? Coba baca dulu artikel ini yuk ! | Concept & Creation | Indonesia Creative Imaging Solution

Jenis film yang harus kamu ketahui – Film , Apa itu Film ??

Film memiliki pengertian sebagai media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan sebuah pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. (Effendy, 1986: 134). Pesan film pada komunikasi massa dapat berbentuk apa saja tergantung dari misi film tersebut. Akan tetapi, umumnya sebuah film dapat mencakup beragam pesan, baik itu pesan pendidikan, hiburan dan informasi. Pesan dalam film seringkali menggunakan mekanisme simbol-simbol yang ada pada pikiran manusia berupa isi pesan, suara, perkataan, percakapan dan sebagainya.

Film juga dianggap sebagai media komunikasi yang ampuh terhadap massa yang menjadi sasarannya, karena sifatnya yang audio visual, yaitu gambar dan suara yang hidup. Dengan gambar dan suara, film mampu bercerita banyak dalam waktu singkat. Ketika menonton film penonton seakan-akan dapat menembus ruang dan waktu yang dapat menceritakan kehidupan dan bahkan dapat mempengaruhi audiens.

Dewasa ini terdapat berbagai ragam film, meskipun cara pendekatannya berbeda-beda, semua film dapat dikatakan mempunyai satu sasaran, yaitu menarik perhatian orang terhadap muatan-muatan masalah yang dikandung. Selain itu, film dapat dirancang untuk melayani keperluan publik terbatas maupun publik yang seluas-luasnya.

Dalam perkembangannya, film cerita dan non cerita saling mempengaruhi dan melahirkan berbagai jenis film yang memiliki ciri, gaya dan corak masing-masing. Seperti halnya dengan berbagai jenis film yang harus kamu ketahui yang saat ini dibahas penulis.

FILM DOKUMENTER (DOCUMENTARY FILMS)

Tidak seperti kebanyakan film-film fiksi, dokumenter berurusan dengan fakta-fakta, seperti manusia, tempat dan peristiwa serta tidak dibuat . Para pembuat film dokumenter percaya mereka ‘menciptakan’ ;dunia di dalam filmnya seperti apa adanya.

(Understanding Movies , Edisi Ke-7, halaman 339 : Louis Giannetti)

Jenis film yang harus kamu ketahui ini adalah, Film Dokumenter.Film Dokumenter adalah sebutan yang diberikan untuk film pertama karya Lumiere bersaudara yang berkisah tentang perjalanan (travelogues) yang di buat sekitar tahun 1890an. 36 tahun kemudian, kata ‘dokumenter’ kembali digunakan oleh pembuat film dan kritikus film asal Inggris John Grierson untuk film Moana (1926) karya Robert Flaherty. Grierson berpendapat dokumenter merupakan cara  kreatif merepresentasikan realitas (susan Hayward, Key Concepts in Cinema Studies,1996, hal 72). Sekalipun Grierson mendapat tentangan dari berbagai pihak , pendapatnya tetap relevan sampai saat ini. Film dokumenter menyajikan realita melalui beragam cara serta dibuat untuk berbagai macam tujuan. Namun harus diakui, film dokumenter tak pernah lepas dari tujuan penyebaran informasi, pendidikan , dan propaganda bagi orang atau kelompok tertentu. Terlepas dari itu film dokumenter juga dapat di definisikan menjadi dua jenis yakni, Dokumenter Modern dan Dokudrama.

Dokumenter modern

Jenis film yang harus kamu ketahui – Para analis Box Office telah mencatat bahwa genre film ini telah menjadi semakin sukses di bioskop – bioskop melalui film-film seperti Super Size MeMarch of the Penguins dan An Inconvenient Truth. Bila dibandingkan dengan film-film naratif dramatik, film dokumenter biasanya dibuat dengan anggaran yang jauh lebih murah. Hal ini cukup menarik bagi perusahaan-perusahaan film sebab hanya dengan rilis bioskop yang terbatas dapat menghasilkan laba yang cukup besar.

Perkembangan film dokumenter cukup pesat semenjak era cinema verité. Film-film termasyhur seperti The Thin Blue Line karya Errol Morris stylized re-enactments, dan karya Michael MooreRoger & Me menempatkan kontrol sutradara yang jauh lebih interpretatif. Pada kenyataannya, sukses komersial dari dokumenter-dokumenter tersebut barangkali disebabkan oleh pergeseran gaya naratif dalam dokumenter. Hal ini menimbulkan perdebatan apakah film seperti ini dapat benar-benar disebut sebagai film dokumenter; kritikus kadang menyebut film-film semacam ini sebagai mondo films atau docu-ganda. Bagaimanapun juga, manipulasi penyutradaraan pada subyek-subyek dokumenter telah ada sejak era Flaherty, dan menjadi semacam endemik pada genrenya.

Kesuksesan mutakhir pada genre dokumenter, dan kemunculannya pada keping-keping DVD, telah membuat film dokumenter menangguk keuntungan finansial meski tanpa rilis di bioskop. Meski begitu pendanaan film dokumenter tetap eksklusif, dan sepanjang dasawarsa lalu telah muncul peluang-peluang eksibisi terbesar dari pasar penyiaran. Ini yang membuat para sineas dokumenter tertarik untuk mempertahankan gaya mereka, dan turut memengaruhi para pengusaha penyiaran yang telah menjadi donatur terbesar mereka.

Dokumenter modern saling tumpang tindih dengan program-program televisi, dengan kemunculan reality show yang sering dianggap sebagai dokumenter namun pada kenyataannya kerap merupakan kisah-kisah fiktif. Juga bermunculan produksi dokumenter the making-of yang menyajikan proses produksi suatu Film atau video game. Dokumenter yang dibuat dengan tujuan promosi ini lebih dekat kepada iklan daripada dokumenter klasik.

Kamera video digital modern yang ringan dan editing terkomputerisasi telah memberi sumbangan besar pada para sineas dokumenter, sebanding dengan murahnya harga peralatan. Film pertama yang dibuat dengan berbagai kemudahan fasilitas ini adalah dokumenter karya Martin Kunert dan Eric ManesVoices of Iraq, di mana 150 buah kamera DV dikirim ke Iraq sepanjang perang dan dibagikan kepada warga Irak untuk merekam diri mereka sendiri.

Dokudrama

Jenis film yang harus kamu ketahui – Pada perkembangannya, muncul sebuah istilah baru yakni Dokudrama dalam jenis film yang harus kamu ketahui. Dokudrama berawal dari istilah documentary drama (drama dokumenter), yakni suatu film atau drama televisi yang mengangkat cerita berdasarkan kisah nyata. Genre film dokumenter yang dibeberapa bagian filmnya disutradarai atau diatur terlebih dahulu dengan perencanaan yang mendetail. Dokudrama muncul sebagai jawaban atas permasalahan mendasar film dokumenter, yakni untuk memfilmkan peristiwa yang sudah ataupun belum pernah terjadi. Dalam dokudrama, terjadi reduksi realita demi tujuan estetis, agar gambar dan cerita menjadi lebih menarik. Sekalipun demikian, jarak antara kenyataan dan hasil yang tersaji lewat dokudrama biasanya tak berbeda jauh. Dalam dokudrama, realita tetap menjadi pegangan.

FILM CERITA PENDEK (SHORT FILMS)

Jenis film yang harus kamu ketahui – Film adalah sebuah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi audio visual yang dibuat berdasarkan sinematogafi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, atau bahan hasil penemuan tekhnologi lainnya dalam segala bentuk dan ukuran melalui kimiawi, proses elektronik dan proses lainnya. Dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukan dan ditayangkan pada sistem proyeksi mekanik, elektronik dan yang lainnya. Mengenai cara bertuturnya, film pendek memberikan kebebasan bagi para pembuat dan pemirsanya, sehingga bentuknya menjadi sangat bervariasi. Film pendek dapat saja hanya berdurasi 60 detik, yang penting ide dan pemanfaatan media komunikasinya dapat berlangsung efektif. Yang menjadi menarik justru ketika variasi-variasi tersebut menciptakan cara pandang-cara pandang baru tentang bentuk film secara umum, dan kemudian berhasil memberikan banyak sekali kontribusi bagi perkembangan sinema.

Pada hakikatnya film pendek bukan merupakan reduksi dari film dengan cerita panjang, atau sebagai wahana pelatihan bagi pemula yang baru masuk kedunia perfilman. Film pendek memiliki ciri/karakteristik sendiri yang membuatnya berbeda dengan film cerita panjang, bukan karena sempit dalam pemaknaan atau pembuatannya lebih mudah serta anggaran yang minim. Tapi karena film pendek memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih leluasa untuk para pemainnya.

Durasi film cerita pendek biasanya di bawah 60 menit. Di banyak Negara seperti Jerman, Australia, Kanada dan Amerika Serikat, film cerita pendek dijadikan laboratorium eksperimen dan batu loncatan bagi seseorang/ kelompok orang untuk kemudian memproduksi film cerita panjang. Jenis ini banyak dihasilkan oleh para mahasiswa jurusan film ataupun orang / kelompok yang menyukai dunia film dan ingin berlatih membuat film dengan baik. Sekalpun demikian, ada juga yang memang mengkhususkan diri untuk memproduksi film pendek, umumnya hasil produksi ini untuk memproduksi ini dipasok ke rumah-rumah produksi atau saluran televisi.

Teaser Tangan – Tangan Kecil #2

FILM CERITA PANJANG (FEATURE-LENGTH FILMS)

Jenis film yang harus kamu ketahui – Jenis film ini adalah lazimnya sebuah film yang banyak diputar dibioskop berdurasi lebih dari 60 menit, antara 90 menit-100 menit. jenis film ini banyak diproduksi oleh perusahaan besar/rumah produksi yang memiliki dan abesar. kebanyakan jenis film ini diproduksi untuk kebutuhan hiburan dan akan menghasilkan profit yang lumayan besar. meskipun ada beberapa yang tetap mengusung pesan-pesan moral disamping bernilai edukatif juga informasi dan entertaiment, beberapa film, seperti film-film produksi india(bollywood) rata-rata berdurasi hingga 180 menit.

Catatan sejarah mengungkapkan pada tahun 1990-an produksi film dikuasai oleh studio milik disney, Time Warner, Viacom, Universal (dimiliki oleh seagram) Sony, PolyGram (milik Philips) MGM, dan News Corporation, semua perusahaan ini selain MGM adalah bagian dari konglomerat dunia. perusahaan film ini memproduksi film panjang dan sampai hari ini perusahaan film ini masih mendominasi produsi perfilman dunia.

FILM JENIS LAIN

Profil perusahaan ( corporate profile)

Jenis film yang harus kamu ketahui – Film ini diproduksi untuk kepentingan institusi tertentu berkaitan dengan kegiatan yang mereka lakukan. Film ini sendiri berfungsi untuk merepresentasikan sebuah perusahaan (organisasi). Produk Public Relations ini berisi gambaran umum perusahaan, di mana perusahaan bisa memilih poin-poin yang ingin disampaikan secara terbuka kepada publiknya disesuaikan dengan kepentingan publik sasaran. Tujuan utamanya adalah memperkenalkan kepada public informasi tentang company tersebut berkaitan dengan: Nama perusahaan, Tag Line dan Logo.

 

Iklan televisi (TV COMMERCIAL)

Jenis film yang harus kamu ketahui – Film ini diproduksi untuk kepentingan penyebaran informasi, baik tentang produk iklan maupun layanan masyarakat. Iklan produk biasanya menampilkan produk yang diiklankan ‘secara eksplisit’, artinya ada stimulus audio visual yang jelas tentang produk tersebut. Sedangkan iklan layanan masyarakat menginformasikan kepedulian produsen suatu produk terhadap fenomena social yang diangkat sebagai topic iklan tersebut. Dengan demikian, iklan layanan masyarakat umumnya menampilkan produk secara implicit.

Program televise (TV PROGRAMME)

Jenis film yang harus kamu ketahui – Program ini diproduksi untuk konsumsi pemirsa televise. Secara umum, program televisi dibagi menjadi dua jenis, yakni kelompok fiksi dan kelompok non fikisi. Kelompok fiksi memproduksi film serial , film televisi, dan film cerita pendek. Kelompok non fiksi menggarap aneka program pendidikan, film documenter atau profil tokoh dari daerah tertentu. Sedangkan program non cerita sendiri menggarap variety show, tv quiz, talkshow, dan liputan/ berita.

Video klip

Jenis film yang harus kamu ketahui – Sejatinya video klip adalah sarana bagi para produser music untuk memasarkan produknya lewat media televise. Dipopulerkan pertama kali lewat saluran televise MTV tahun1981. Di Indonesia video klip ini sendiri kemudian berkembang sebagai bisnis yang menggiurkan seiring dengan pertumbuhan televisi swasta.

 

Read Offline:

Published by

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: