logo

Produksi Film dan Video | Siapkan Film mu !

Pra Produksi Film

Siapkan Film !

Produksi Film dan Video perlulah dipersiapkan secara matang. Cukup banyak cerita/skenario yang sudah dibuat, gagal dalam waktu pengerjaan atau produksi yang tidak sesuai dengan keinginan, bahkan sampai tidak dilanjutkan. Sangat diperlukan sebuah persiapan dan konsep yang matang dalam menggarap sebuah Film dan Video. Bila ide cerita dan skenario merupakan persiapan konsep dari segi konten isi, maka perlu kita persiapkan pula konsep dari segi teknis.

Apa yang perlu dipersiapkan dalam membuat sebuah film?

Siapa Pasukanmu ?

Crew dalam Produksi FilnDalam Produksi Film dan Video tentunya kita tidak hanya bisa sendiri. Kita memerlukan sebuah tim untuk dapat mengeksekusi dan menjadikan sebuah konsep dan ide cerita menjadi sebuah Film yang sudah siap untuk ditonton. Kita memerlukan sebuah tim yang solid dan berkompetensi dibidang nya masing masing. Kita telahmembahas susunan Crew lengkap di postingan sebelumnya yang berjudul “Susunan Kru Lengkap dalam Film Pendek.” Apa saja sih Crew minimal dalam sebuah produksi Film dan Video?

Crew minimal untuk pembuatan sebuah video cukup 2 orang saja, bahkan 1 orang pun dapat menjadikan sebuah video. Cukup 1 orang yang dapat mengerjakan seluruh elemen unsur video tersebut. Dalam kasus ini jelas nya video yang tanpa Talent (talent bukanlah termasuk crew produksi). Namun, tentunya hasilnya tidak akan maksimal dalam hasil dan kinerja nya. Setidak nya 1 Tim Produksi Film/video terdiri dari :

  1. Manager Produksi
  2. Penulis Skenario
  3. Sutradara
  4. Cameraman + Soundman
  5. Artisitik
  6. Editor

Manager Produksi

Manager Produksi berfungsi sebagai pengatur management dalam produksi film. Seorang manajer produksi akan mengatur segala urusan manajerial dalam produksi. Timeline schedule produksi, Schedule Produksi per harinya, urusan perizinan, pembagian job description, pengaturan keuangan, perizinan lokasi, kesiapan arsip dan formulir produksi lainnya.

Penulis Skenario

Penulis Skeanrio tentunya akan bertugas menjadikan sebuah konten dari basic story menjadi sebuah skenario yang sudah siap dan layak untuk di produksi. Skenario merupakan blueprint dari sebuah film, yang artinya skenario akan menjadi pondasi awal alur dan bentuk cerita tersebut akan dijadikan film seperti apa. Skenario mengandung unsur, adegan yang berlangsung dalam setiap scene nya, alur cerita, deskripsi penggambaran setiap adegan / scene, keterawangan waktu dan tempat, parenthetical dan dialog dari telent. Sehingga skenario akan menjadi rangkuman dan cetak biru sebuah film/video.

Sutradara

Seorang Sutradara akan menjadi pengambil peran penting dalam produksi. Seorang sutradara akan menjadikan skenario yang berupa tulisan menjadi sebuah gambar audio visual yang akan siap untuk disajikan. Seorang Sutradara akan menjadi sebuah penentu adegan serta unsur emosi dalam setiap gambar dan suara yang akan disajikan kepada penonton dalam setiap adegannya. Sutradara juga menjadi sebuah pemimpin crew produksi lainnya.

Cameraman + Soundman

Seorang cameraman akan bertanggung jawab merekam/ mengcapture seluruh adegan menjadi sebuah bentuk visual. Begitu pula dengan Soundman, dia akan bertanggung jawab dalam merecord seluruh audio dan suara yang diperlukan.

Artisitik

Kita boleh saja produksi secara sederhana, namun tidak apa adanya. Bidang artistik sangat diperlukan dalam produksi film. Film yang kita buat haruslah indah dan teresentuh oleh tangan tangan artistik. Artistik akan bertugas dalam menentukan seberapa indah film tersebut akan dibuat. Seluruh elemen yang masuk dalam adegan dan gambar yang akan direkam adalah tanggung jawab penata artistik. Tim Artistik akan mengurusi banyak hal , seperti make up, property, tata busana, hand props dan lainnya.

Editor

Setelah segala kebutuhan produksi terpenuhi, maka editor akan mengambil peran pada tahap Pasca Produksi. Editor bertugas untuk mengedit atau menyusun potongan potongan gambar dan suara menjadi sebuah keutuhan film dan video yang siap untuk dikonsumsi oleh penonton.

Perencanaan “On time & on budget”

Dalam perencanaan sesuatu apapun itu, yang harus kita punya adalah sebuah timeline. Timeline ini sangatlah penting guna mengatur waktu dan ritme produksi serta memiliki target. Semua tim harus menepati dan mentaati jadwal yang telah dibuat. Produksi Film dan video sebaiknya On Time karena jadwal produksi juga akan sangat berpengaruh pada budget atau financial produksi yang harus dikeluarkan. Atur sebaik mungkin jadwal dan budget yang harus dikeluarkan oleh Tim.

Dalam Produksi Film dan Video secara professional, waktu penyelesaian dan Budget yang dikeluarkan menjadi sebuah indikator keberhasilan dan tolak ukur project tersebut dapat terselesaikan dengan baik atau tidak. Jelasnya dalam sudut pandang bisnis, bila produksi tidak sesuai waktu yang ditentukan, maka pengelaran akan membengkak karena harus menambah jumlah hari produksi. Penambahan jumlah hari ini sangat besar dampaknya bagi profit dari produksi/project tersebut.

baca juga : Bikin Film itu Mudah

Read Offline:

Published by

Q Hamdan Purwo Ngabei

One thought on “Produksi Film dan Video | Siapkan Film mu !”

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: