logo

MEMBUAT KARAKTER YANG MENARIK DALAM SEBUAH FILM

Tips Membuat Karakter Yang Menarik

 

 

Dalam sebuah film tentu terdapat berbagai macam karakter, mulai dari karakter utama hingga karakter pendukung. Biasanya karakter – karakter ini yang seringkali menentukan apakah film tersebut menarik atau tidak untuk dinikmati. Karakter yang dimaksud disini bukan merupakan aspek fisik melainkan apa yang dilakukan karakter tersebut dalam film. Lalu bagaimana membuat karakter yang menarik?

 

  1. A Hero

Hero merupakan karakter suatu tokoh/protagonist dalam sebuah film. Hero biasanya memiliki sebuah permasalahan. Semakin pilu permasalahan yang dialami tokoh maka cerita akan semakin menarik.

 

  • Contoh : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin

 

  1. Who want something

Jika diartikan maka artinya adalah siapa yang menginginkan sesuatu. Maksudnya adalah untuk membuat cerita semakin menarik maka tokoh/karakter harus memiliki keinginan atas suatu hal. Tahap ini menjadi penting karena bila tokoh/karakter yang kamu ciptakan tidak memiliki keinginan yang cukup mustahil maka cerita sudah pasti tidak akan menarik. Maka dari itu buatlah tokohmu untuk memiliki keinginan yang besar.

 

  • Contoh : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia

 

  1. Takes action

Jika punya keinginan tentu harus ada aksi yang dilakukan untuk mencapai keinginan tersebut. Untuk itu setelah membuat tokoh memiliki keinginan maka buatlah tokoh melakukan suatu aksi. Semakin besar aksi yang dilakukan maka semakin besar kemungkinan keinginan akan dicapai.

 

  • Contoh : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia, ia mengikuti sebuah lomba balap karung dan berhasil menang 500 juta

 

  1. Meet’s with conflict

Film tanpa konflik sudah pasti film tersebut sangat membosankan. Oleh karena itu buatlah tokoh yang kamu ciptakan menemukan konfliknya. Permasalahan yang dialami tokoh tentu saja harus menarik tapi bagaimana caranya? Buatlah tokoh mengalami permasalahan yang sulit untuk diatasi. Hal ini membuat penonton akan semakin penasaran dengan apa yang akan dilakukan tokoh.

 

  • Contoh : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia, ia mengikuti sebuah lomba balap karung dan berhasil menang 500 juta, namun ketika pulang ia dirampok oleh sekelompok orang

 

  1. That leads to a climax

Setiap masalah pasti akan selalu berada pada titik puncak dimana tokoh harus memilih untuk menyerah atau tetap berjuang. Titik klimaks ini sangat penting untuk membuat penonton semakin penasaran apakah tokoh bisa mencapai tujuannya atau tidak. Titik ini pula yang akan menentukan ending dari film itu sendiri apakah menarik atau tidak.

 

  • Contoh 1 : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia, ia mengikuti sebuah lomba balap karung dan berhasil menang 500 juta, namun ketika pulang ia dirampok oleh sekelompok orang, sang kuli mengejar perampok tersebut dan bertarung habis – habisan.

 

 

  • Contoh 2 : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia, ia mengikuti sebuah lomba balap karung dan berhasil menang 500 juta, namun ketika pulang ia dirampok oleh sekelompok orang, sang kuli pasrah dan menangis tanpa berbuat apa – apa

 

  1. Resolution

Resolusi merupakan bagian akhir dari sebuah cerita dalam film dimana pada titik ini menggambarkan terwujud atau tidaknya usaha tokoh dalam mencapai sebuah keinginan.

  • Contoh 1 : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia, ia mengikuti sebuah lomba balap karung dan berhasil menang 500 juta, namun ketika pulang ia dirampok oleh sekelompok orang, sang kuli mengejar perampok tersebut dan bertarung habis – habisan. Sang kuli berhasil mengalahkan rampok dan mengambil uangnya, pada akhirnya kuli dapat berkeliling dunia.

 

  • Contoh 2 : Seorang kuli bangunan yang sangat miskin ingin keliling dunia, ia mengikuti sebuah lomba balap karung dan berhasil menang 500 juta, namun ketika pulang ia dirampok oleh sekelompok orang, sang kuli pasrah dan menangis tanpa berbuat apa – apa, sang kuli akhirnya pulang kerumah dengan tangan kosong tanpa hasil apapun.

 

Perlu di ingat juga bahwa dalam membentuk karakter dalam sebuah film sangat berkaitan erat dalam tahapan membuat dan mengembangkan sebuah ide cerita. Karena semakin menarik karakter yang di buat maka semakin menarik juga ide cerita yang akan di buat ke dalam bentuk film.

Kembangkan Ide Cerita !

Read Offline:

Published by

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: