logo

FILM PANJANG VERSUS FILM PENDEK

BTS3-analisa

BTS3-analisa

ANALISA PERBEDAAN FILM PANJANG VS. FILM PENDEK

Seringkali kita bingung dengan perbedaan antara Film Panjang atau biasa disebut film feature dan film pendek. Dari namanya saja sudah beda bukan? Lalu apa yang membedakan Film panjang dan film pendek? Maka dari itu kita akan mencoba membuat analisa perbedaan Film panjang versus Film pendek.

Dewasa ini kita sering mendengar banyak film pendek yang memiliki prestasi baik dalam skala nasional dan internasional. Film pendek sejatinya merupakan film yang berdurasi rata – rata antara 10 menit sampai 20 menit dengan cerita yang dapat dikatakan cukup simpel namun tetap memiliki makna yang sama kuatnya dengan film panjang. Berbeda dengan film panjang yang memiliki durasi lebih dari 60 menit dengan cerita yang dapat dikatakan cukup rumit untuk menceritakan maksud dan tujuan dari cerita yang akan di angkat ke dalam film itu sendiri. Selain itu masih banyak perbedaan antara film panjang dan film pendek yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Perbedaan film Panjang dan Film Pendek

1. Durasi Film

Pertama yang membedakan antara film panjang dan film pendek adalah durasi film itu sendiri. Menurut beberapa artikel dan buku yang membahas tentang film, film pendek disebutkan memiliki durasi yang berkisar antara 5 – 30 menit. Sementara untuk film panjang disebutkan memiliki durasi antara 60 – 180 menit. Sampai saat ini masih terjadi perdebatan apakah jika film yang memiliki durasi antara 40 – 50 menit masuk ke dalam kategori film pendek atau sudah masuk ke dalam film panjang. Namun rata – rata festival internasional memberikan klasifikasi untuk film pendek berkisar antara 5 – 25 menit saja. Lebih dari durasi tersebut dimasukan ke dalam klasifikasi film menengah.

2. Cerita

Berbicara tentang cerita antara film panjang dan film pendek, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Para pembuat film yang masih tahap belajar seringkali salah kaprah mengenai pembuatan cerita dalam film pendek. Masih banyak yang menganggap jika film pendek memiliki cerita selayaknya film panjang sehingga seringkali film terasa seakan dipaksakan karena cerita yang dipadatkan dan makna dalam film menjadi tidak tersampaikan kepada penonton.

BTS2-analisa

3. Struktur Penceritaan

Pada dasarnya film panjang memiliki struktur penceritaan 3 babak atau struktur I : II : I (Act I : 30 menit : Act II : 60 menit : Act III : 30 menit) dimana pada babak pertama pada film panjang merupakan pengenalan para karakter dalam film serta pengenalan konflik dari film tersebut. Pada babak kedua dalam film panjang merupakan inti dari konflik yang dialami para tokoh. Dan pada babak ketiga merupakan penyelesaian dari konflik yang terjadi pada film tersebut. Lalu mengapa pada film panjang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperkenalkan tokohnya? Hal ini karena tokoh atau karakter dalam film panjang cukup banyak dibandingkan film pendek yang hanya memiliki satu atau dua karakter saja.

Dalam film panjang karakter satu dengan karakter lainnya memiliki konflik sendiri – sendiri serta cerita bisa berlari kemana – mana, sementara dalam film pendek yang hanya memiliki satu cerita utama saja tidak bisa melakukan hal yang sama dengan film panjang. Hal tersebut akan berkaitan dengan durasi yang akan menjadi panjang dan akan menyebabkan penonton akan cepat bosan.

Jika dalam film panjang menggunakan film dengan struktur 3 babak maka dalam film pendek babak 1 dan babak 2 harus berjalan dengan cepat sehingga seringkali menjadi masalah bagikarakter dalam film dalam menemukan resolusi dari tujuannya. Maka dari itu menurut buku Writing the Short Film – Patricia Cooper, Ken Dancyger (hal. 6), disebutkan jika penggunaan struktur satu atau dua babak akan lebih produktif dalam menceritakan makna dari film itu sendiri dan seakan tidak dipaksakan. Selain itu, pada film pendek biasanya film yang diawali langsung kepada konflik akan lebih menarik perhatian penonton sehingga penonton akan mengikuti perkembangan cerita hingga akhir dan pesan dalam cerita film pendek pun akan lebih cepat tersampaikan kepada penonton.

https://concretion.co.id/2018/03/14/film-dan-video/

Read Offline:

Published by

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: